MENGGENGGAM WAKTU

Waktu adalah harta yang paling berharga setelah iman. Mungkin kita tidak menyadarinya dan kurang begitu merasakannya sehingga kita terkadang membiarkannya terhambur sia-sia. Tanpa merasa berdosa kita mengisinya dengan berbicara sia-sia, mendendam, membalas kejahatan dengan kejahatan dan kesia-siaan lainnya, yang demikian termasuk orang yang merugi karena tidak menggunakan waktu yang diberikan Tuhan dengan sebaik-baikya.

Mengingat begitu berharganya amanah yang bernama waktu (kesempatan), Allah berkali-kali bersumpah dalam al-Qur’an supaya manusia mensyukuri akan nikmat yang berupa waktu. ” Demi waktu matahari sepenggalahan naik. Dan demi malam apabila Telah sunyi (gelap).” (Q.S. adh_Dhuhaa:1-2). Demi malam apabila menutupi (cahaya siang). Dan siang apabila terang benderang.” (Q.S. al_Lail: 1-2). Demi matahari dan cahayanya di pagi hari. Dan bulan apabila mengiringinya. Dan siang apabila menampakkannya. Dan malam apabila menutupinya. (Q.S. asy_Syams:1-4).

                Allah telah mendisiplinkan waktu bagi hambanya dengan diwajibkan bagi mereka untuk melaksanakan sholat lima waktu dalam sehari semalam, masing-masing mempunyai waktu tersendiri dan bagaimana kita melaksanakannya dengan disiplin dan tepat waktu. Memuliakan sepertiga malam sebagai waktu mustajab do’a. Allah juga berfirman dalam sebuah hadits qudsi: ” Pada setiap fajar ada dua malaikat yang berseru-seru, ‘wahai anak adam aku adalah hari yang baru, dan akan datang untuk menyaksikan amalan kamu. Oleh sebab itu, manfaatkanlah aku sebaik-baiknya. Karena aku tidak akan kembali lagi sampai hari pengadilan'” (HR. Turmudzi). Hadist qudsi tersebut menganjurkan kepada kita agar sesegera senantiasa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya perbuatan tanpa harus menunda-nunda, dan bermalas-malasan. Segera memulai hari dan memanfaatkannya seefektif mungkin, mempersembahkan yang terbaik dalam rangka beribadah kepada Allah.

Rasulullah sendiri mengingatkan kita untuk selalu memperbaiki waktu dari masa ke masa, memperbaiki waktu dan lebih baik dari kemaren Memperbaiki dan selalu meningkatkan sebelum kesempatan hilang dari dari kehidupan kita. “Carilah yang lima sebelum datang yang lima, yaitu manfaatkanlah masa mudamu sebelum datang masa tuamu (dengan ibadah), gunakanlah masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu (dengan amal sholeh), gunakanlah masa kayamu sebelum datang masa miskinmu (dengan sedekah), gunakanlah masa hidupmu sebelum datang masa matimu (mencari bekal untuk hidup setelah mati), gunakanlah masa senggangmu sebelum datang masa sempitmu. (al-Hadits).

Bahwasanya orang sukses adalah orang yang memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Setelah menuntaskan satu urusan sesegera mungkin mengerjakan urusan lainnya. Melakukan sesuatu tanpa harus menunda-nunda untuk esok hari tapi melakukannya sekarang juga. Bagi mereka tiada hari esok, karena esok tiada yang tahu, kemana kesempatan itu akan lari. Oleh sebab itu mulai sekarang waspadalah terhadap nikmat yang bernama waktu, dan manfaatkanlah dengan kegiatan yang bermakna bagi dunia dan untuk bekal di akhirat.

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: